Kamis, 17 Maret 2011

Pemkab Paluta Terbanyak Desa Tertinggal

Pemekaran suatu wilayah ter-nyata tidak dapat menjamin jika satu daerah akan semakin maju ataupun menjadikan warganya semakin sejahtera. Pasalnya, dari 33 kabupaten kota yang ada di Sumatera Utara, terbukti Kabupaten Padang Lawas Utara (PaJuta) ditemukan daerah yang paling banyak desanya tertinggal, dibandingkan kabupaten/ kota lainnya di Provinsi Sumut.
Ini berdasarkan rekapitulasi desa tertinggal Provinsi Sumut tahun 2010. Dari 5.054 desa dengan 664 kelurahan yang ada, sebanyak 386 desa terdapat di kabupaten yang baru pemekaran ini. Dari jumlah ini, hanya 79 desa yang sudah maju, sisanya masih tertinggal. Data ini menunjuk-kan 90 persen daerah di kabupaten ini, masih tertinggal.
Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) dan Pemerintahan Desa (Pemdes) Provinsi Sumatera Utara, Drs H Rusli Abdullah disela-sela rapat kerja TP PKK Provinsi Sumut 2011, pekan lalu.
Padahal berdasarkan data sebelumnya, Dairi menjadi daerah paling tertinggal di Sumut. Namun sekarang ini, status tersebut, kini Paluta. "Oleh karenanya, kita berharap jangan hanya untuk membentuk kabupaten baru, berlomba-lomba untuk memperbanyak desa. Karena disana, kita ada, satu desa hanya 20 rumah," katanya. Dihadapan ibu-ibu PKK.
Dirincikannya, selain Palutasejumlah daerah lainya yang masih banyak tertinggal seperti Tapanuli Selatan dari 212 desa hanya 49 yang telah maju. Nias dari 124 desa masih ada 109 lagi yang tertinggal. Madinas dari 353 desa, baru 71 yang bisa dikategorikan maju, Pakpak Bharat dari 52 desa baru tujuh yang baru maju. Sedangkan daerah yang paling maju, ditempati Deli Serdang. Dari 380 desa, hanya 63 saja yang tertinggal.
Kemudian sambungnya, target penurunan penduduk miskin di Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2010-2014 , jumlah penduduk miskin di Sumut sebanyak 1.499.700, dengan target penurunan mencapai 104.980jiwa dengan rata-rata penurunan sebanyak 20.996 jiwa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lagu dan Kuling Kuling Acca dari Paluta: